hiburan : istilah Dunia Komputer: Tips dan trik : antivirus : Pemrograman :

Blog Archive

Tuneup 2008

Diposting oleh Berbagi Ilmu On 11.34




Tuneup adalah produk komersil dari PerusahaanSoftware Tuneup Software Gmbh yang berdiri sejak 1996 , Tuneup bisa dikategorikan software Utilities untuk windows, versi terbarunya tuneup 2008 sudah support terhadap Windows Vista. Namun dibandingkan Software yang sejenis seperti Winboost,TweakXp CostmizeXp dll Tuneup memiliki fitur yang lebih lengkap apalagi versi tuneup 2008 fiturnya sudah ditambah dengan adanya Free Disk Space , Drive Defrag dan Disk Doctor sebuah fasilitas yang memungkan kita untuk memeriksa ruang kosong hardisk , defrag hardisk sekaligus memperbaiki data atau struktur data yang rusak. Bagi anda yang memiliki kebiasaan memodifikasi windows mulai dari system sampai tampilannya Tuneup adalah pilihan software terbaik. Apalagi tuneup mendukung setingan style dari stardock dan memiliki fitur tambahan rescue center yang menyimpan History perubahan yang telah dilakukan hingga sewaktu-waktu kita bisa mengembalikan ke keadaan semula. Ditambah fitur update wizard untuk update software langsung ke internet. Pada dasarnya tuneup memiliki file eksekusi yang terpisah dari satu fitur dengan fitur yang lain. Untuk lebih meyakinkan bisa anda cek di Program files\TuneUp Utilities 2008\ akan tersebar file bereksetensi exe tiap fiturnya. Namun jangan harap anda bisa membawa atau mengkopi file 1 persatu karena berpikir fitur ini terpisah karena bila dikopi satu fitur ke tempat lain dipastikan tidak bisa running. Karena meski terpisah fitur-fitur ini memakai resource yang sama yaitu file-file dll yang sama.

Berikut adalah fitur utama Tuneup 2008 :

Increase Performance :

1. Tuneup Drive Defrag

Fitur untuk mendfrag hardisk secara apik dan lebih cepat , mengatur skejul pendefragan hardisk dan mengatur aselarasi aplikasi

2. Tuneup Startup Manager

Fitur untuk mengatur aplikasi yang berjalan otomatis saat windows dijalankan, yang dikategorikan berdasarkan per user, starup all user, ataupun startup dari service windows. Disini anda bisa mengatur startup dengan menambahkan startup,menghapus , menonaktifkan atau mengatur skejul startup aplikasi. Mirip dengan msconfig bawaan windows namun tuneup startup manager memiliki deskripsi yang lebih komplit seperti alamat aplikasi sampai properties aplikasi yang ada di startup.

3. Tuneup System Optimizer

Fitur ini membuat spesialisasi terhadap kebutuhan apa komputer anda, misalnya PC anda digunakan untuk webserver maka tuneup system optimizer akan mengoptimalkan sebagai webserver atau PC anda digunakan untuk Database server maka fitur ini akan memberikan konfigurasi system yang cocok untuk PC spesilaisasi Database server. Anda juga bisa mengatur aselarasi internet, browsing atau kecepatan optimalisasi jaringan LAN, dan fitur ini menyediakan Tips untuk system yang lebih baik anda tinggal mengikuti petunjuk dari tuneup maka anda bisa mendapatkan system windows yang lebih optimal.

4. Tuneup registry Defrag

Fitur ini bisa mengecilkan ukuran file registry dan membuang nilai registry yang tidak dibutuhkan misalnya nilai registry aplikasi yang sudah diuninstall namun masih tetap ada di system. Fitur ini juga bisa memperbaiki nilai registry yang rusak secara sekejap.

5. Tuneup Memory Optimizer

Fitur yang mirip dimiliki RAMXP ,FreeRAM atau aplikasi sejenis yang bertugas untuk merefresh dimana kedaan yang sudah ditentukan agar RAM sesak bisa kosong kembali. Misalnya anda mempunyai RAM 512 Mb mengatur di saat RAM 256 Mb akan merefresh kembali RAM dan mengahapus seluruh Clipboard yang tidak dibutuhkan.

Maintain Windows

1. Automatic Windows Maintenance

Fitur ini disebut juga 1-click maintenance , karena dengan saatu klik semua masalah di system computer akan di selesaikan dari mulai masalah RAM yang sudah sesak sampai masalah registry yang menggangu. Dengan kata lain 1-click maintenance adalah rangkuman dari keseluruhan fitur yang disediakan tuneup secara otomatis. Fitur ini juga akan tampil shortcut di desktop setelah software tuneup selesai di instalasi dikomputer. Jadi dengan mudah bila anda menginginkan pemeliharaan menyeluruh secara otomatis tinggal klik shortcut 1-click maintenance di desktop.

Solves Problem

1. Tuneup Disk Doctor

Fitur ini mengembalikan data yang rusak dalam hardisk atau flashdisk yang diakibatkan bad sector atau rusaknya pointer dalam sebuah file. Memindahkan file yang sulit dibaca lagi dalam sector yang rusak kemudian memindahkan ke area sector yang masih baik. Misalnya anda punya file yang hilang karena file tersebut berada di hardisk badsector maka otomatis tuneup disk doctor memperbaiki dam memindahkan ke tempat lain.

2. Tuneup Repair Wizard

Fitur ini memperbaiki system interface yang rusak atau tidak bekerja. Folder option yang hilang, font yang tidak bekerja dengan baik , shortcut yang rusak linknya atau internet explorer yang tidak berjalan semestinya akan diperbaiki melalui wizard. Dalam menu ini anda akan ditanya interface apa saja yang rusak, anda tinggal memberikan centang pada pilihan yang tersedia maka tuneup repair wizard akan memperbaiki interface yang anda anggap rusak.

3. Tuneup Undelete

Fitur ini mengembalikan file yang telah dihapus dalam recyclebin dengan utuh. Bila anda temasuk orang yang secara tidak sengaja sering menghapus data dari recycle tanpa pikir panjang dan ternyata data tersebut dibutuhkan kembali anda bisa menggunakan fitur ini.

Customize Windows

1. Tuneup system Control

Fitur untuk menkonfigurasi setingan windows seperti modifikasi terhadap proses system, pengaturan folder system seperti halnya mydocument yang lazimnya disimpan di C:\document and setting\user\mydocument anda bisa merubahnya misalnya menjadi di drive D untuk mengantisipasi crash windows mydocument masih bisa selamat. Anda juga bisa merubah tampilan logon windows menjadi gaya windows 2000 bila anda menggunakan xp , Memodifikasi label drive , menghilangkan drive , security windows , setingan mozila, setingan email dan jaringan sampai animasi windows seperti delay windows yang tidak diperlukan.

2. Tuneup Styler

a. Icon

i. System element

Fitur ini adalah modifikasi terhadap tampilan windows. Seperti mengubah icon system elemen misalnya anda mengubah icon mycomputer,mydocumet, atau icon file JPG. Lebih asyiknya modifikasi terhadap system elemen bisa anda simpan sebagai package dan ketika anda membutuhkan bisa anda load jadi anda tidak perlu menseting ulang dari awal. Perubahan icon system elemen bersifat global jadi jika anda merubah icon drive atau folder maka seluruh folder akan berubah iconnya.

ii. File System

Anda juga bisa mengubah icon file system seperti drive tertentu anda rubah. Misalkan drive D: anda rubah dengan icon pilihan anda. File system yang anda rubah tidak bersifat global jadi jika rubah drive d: maka hanya drive D: yang berubah iconnya tidak seluruh drive.

iii. Appreance

Fitur Apperance memberikan pilihan ukuran icon dalam komputer anda, pilihan yang bisa dipilih yaitu 16x16pixel sampai 128x128pixel.

iv. Repair

Bila icon yang anda rubah setelah direstart kembali seperti semula dan perubahan yang anda konfigurasi jadi hilang anda bisa menggunakan reloads icon dalam fitur Repair maka segala icon yang anda rubah bisa kembali seperti yang anda harapkan. Repair icon cache mengembalikan icon cache yang rusak sehingga icon yang hilang atau tidak tampil yang tidak teratasi oleh fitur reloads icon bisa diatasi oleh fitur ini.

b. Interface

i. Bootscreen

Fitur ini digunakan untuk membuat bootscreen sendiri , tentunya anda jenuh dengan tampilan bootscreenya xp. Disini ada bisa lebih kreatif anda bisa membuat tampilan bootscreen dari foto anda atau gambar yang anda punya di komputer. Anda juga bisa mengatur peletakan prograsbar dan mengatur warna progresbar tersebut. Untuk bisa digunakan ulang anda bisa menyimpan dalam hardisisk hasil kreativitas anda.

ii. Logon Screen

Dengan fitur ini logonscreen bisa anda rubah tetapi dengan syarat anda punya setingan logon dari stardock atau Logon yang anda buat di Winlogon. Anda bisa mendownload setingan logon di www.stardock.com

iii. Visual Style

Fitur ini mirip Stylexp bisa merubah skin xp namun lebih ringan terhadap memory karena proses yang diciptakan tidak terus running. Visual Style memiliki dll sendiri. Anda tidak perlu harus mengubah skin dari fitur visual style tapi anda cukup mengklik 2x di file skin yang anda punya maka skin yang anda pilih sudah otomatis teregistrasi dan langsung bisa dipakai.

Additional Tools

1. Tuneup Proses Manager

Fitur sejenis Taskmanager bawaanya windows ini memliki fitur yang cukup menarik. Selain bisa melihat aplikasi yang sedang running , proses yang sedang running dan resource yang sedang digunakan anda juga bisa melihat alamat file yang ada di proses dan properties dari aplikasi yang ada diproses. Fitur ini juga menyediakan informasi dibuka oleh aplikasi atau runing dari mana. Tuneup Proses manager lebih transparan daripada TaskManager anda bisa melihat running virus yang sering di hidden di taskmanager selanjutnya anda tinggal melihat alamat virus itu disimpan anda tinggal mengkill proses virus tersebut lalu delete virus di alamat yang sudah terlihat tadi.

2. Tuneup Registry Editor

Fitur sejenis Regedit ini memberikan hal lebih seperti pencarian secara paralel misalkan anda mencari subkey ‘system’ maka seleuruh subkey yang mempunyai kemiripan nama ‘system’ akan ditampilkan tidak seperti regedit yang satu persatu. Dengan gotokey anda bisa langsung bisa sampai ke alamat registry yang dituju. Fitur ini juga menyimpan informasi bookmark , History dan hasil pencarian yang telah dilakukan. Selain itu Tuneup registry editor memilki tampilan yang lebih userfriendly.

3. Tuneup Shreder

Fitur ini mengahapus file , folder atau data yang berada dalam recyclebin secara permanen tanpa bisa direstore oleh software apapun. Penghapusan ini biasa digunakan untuk data penting / rahasia yang harus di hapus dan cukup bahaya andai bisa di restore oleh orang lain.

4. Tuneup System Informasi

Fitur ini menampilkan seluruh informasi PC anda. Dari mulai operating system , Environtment Variabel , System folder sampai informasi hardware yang digunakan komputer anda secara lebih spesifik dan lebih lengkap.

5. Tuneup Uninstall Manager

Fitur ini digunakan untuk menguninstall aplikasi didalam system , mengahapus aplikasi dalam daftar list uninstall atau mengubah property aplikasi dalam list. Kelebihan dari Tuneup Uninstall Manager dibanding add/remove program bawaan windows adalah bisa melakukan proses uninstall banyak aplikasi dalam 1 waktu tidak seperti add/remove program untuk menguninstall aplikasi lain harus menunggu aplikasi lain selesai di uninstall.

Category : edit post

0 Response to "Tuneup 2008"

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Poko'nya quw enak bnged dech klo di ajak ngobrol!!!